rumah semanggi timur

rumah tinggal

 

rumah tinggal yang berlokasi di jl.semanggi timur 15a malang dengan luas lahan 12mx25m merupakan salah satu hunian rumah tinggal berkonsep MODERN,TROPIS,GREEN,REUSE.

awal proses desain mengalami beberapa perubahan /alternatif desain, sehingga memutuskan alternatif yg ke-5 baru bisa jalan,...alhamdulilah.

pengembangan desain lebih cenderung ke arah kontekstual lingkungan dan sengaja menjahui pendekatan desain berdasarkan new image, agar bisa menyatu dengan lingkungan sekitar yang berkesan adem,teduh, nyaman, dan beraroma ke-indonesiaan. 

untuk beberapa finishing matrial masih menggunakan bata merah, batu kali, kayu.

penerapan istilah dari MODERN,TROPIS,GREEN,REUSE. bisa di dapat di rumah tinggal ini, antara lain :

1. MODERN,TROPIS 

bisa di dapat pada penataan antar ruang, bukaan pintu dan jendela yg lebar   sehingga penghawaan dan pencahayaan lebih optimal, sehingga tidak harus memakai penghawaan buatan yaitu AC.

pemakaian bentuk atap limasan dengan panjangnya teritisan atap merupakan ciri khas dari rumah nusantara indonesia. 

2. GREEN,REUSE.

GREEN bisa di dapat di pemanfaatan taman di lt.1, roof garden dan vertical green di lt.2 dan sumur biopori

REUSE bisa di dapat pada pemakaian jenis matrial, antara lain tegel motif semen untuk lantai, kusen+daun pintu bekas peninggalan rumah kolonial belanda, handel+kunci jendela model lama

pemasangan kisi-kisi kayu di lt.2 untuk area rg.kerja/studio berfungsi sebagai penghalang view dan sebagai estetis untuk mempertegas fasade rumah.

untuk pagar dan pintu pagar kami sengaja memakai matrial perpaduan kayu bengkirai dengan batu kewal di tunjang tanaman love grass yang dapat membuat suasana jadi adem juga dapat melembutkan dari fasade rumah.

area rg.tamu sengaja didesain dengan suasana rumah tempo dulu dengan pemakaian matrial tegel semen, kusen + daun pintu kayu bekas rumah belanda, bouvenlich model lama, di tunjang furniture kayu bekas yang sudah diperbaiki lagi.

untuk interior area ada tambahan tersendiri dari pemilik rumah, yaitu pemasangan lukisan dan piring-piring antik yang di pajang di dinding, sehingga terasa suasana rumah tempo dulu yang adem, nyaman, sejuk dan asri yang tidak akan pernah termakan oleh zaman.

suasana malam fasade kisi-kisi kayu dengan inderect lighting sehingga dapat membuat suasana menjadi dramatisasi dan salah satu sudut view interior rg.kerja waktu pagi hari dengan masuknya sinar matahari diantara kisi-kisi kayu yang dapat membentuk suatu bayangan.

salah satu sudut penerapan roof garden di lt.2 yang dapat mengurangi panas sinar matahari,area roof garden tersebut tepat berada di atas garasi dan ada unsur kesengajaan dalam pemilihan lahan untuk roof garden, agar suasana di rg.kerja terkesan/berasa masih di lt.1, sehingga aktivitas dalam bekerja menjadi nyaman dan adem.
Keuntungan lain yang diperoleh dari pengembangan roof garden adalah diperbaikinya kualitas udara di sekitarnya, dengan adanya penambahan suplai oksigen hasil fotosintesis tanaman.

roof garden juga terbukti dapat mengurangi panas pada lantai dibawahnya dan dapat mengurangi beaya alat pendingin (AC) sebesar 25 – 50%. 

beberapa jenis matrial bekas yang digunakan, antara lain tegel semen, batu tebar, rumput, batu andesit 20x40, keramik, kayu, selain murah, ramah lingkungan, hemat energi, penggunaan material bekas juga dapat meningkatkan suasana alami, dan hampir tidak memerlukan perawatan selama rumah digunakan.

untuk taman kami sengaja mendesain beberapa jenis taman, yaitu taman di lt.1, roof garden, dan vertikal green di lt.2, dimana mempunyai peranan sangat penting dalam rumah tangga yaitu berfungsi sebagai pengatur iklim mikro dan sebagai estetis.

dalam hal mendesain taman harus menyesuaikan dengan desain rumah agar tercipta suatu keserasian, keselarasan dan keseimbangan yang apik.

Client: bapak muslich
Location: jalan semanggi timur 15a malang
Project: residential
Date Started: 12 May 2007