rumah kos di malang

rumah tinggal

rumah tinggal ini didesain pada lahan dengan ukuran 9 m x 12 m, lebih tepatnya di jl. simpang semanggi timur malang jawa timur, daerah yang penuh dengan aktivitas rumah kos mahasiswa, dimana tingkat konsumsi energinya cenderung lebih besar.
disini peranan aktif arsitek sangat dibutuhkan, dalam hal mendesain arsitek melakukan beberapa interview dengan owner,inventarisasi data, foto, dll, sehingga menemukan benang merah dalam hal mendesain
antara lain :
1. desain KONTEKSTUAL LINGKUNGAN tidak dengan NEW IMAGE
2. desain rumah arsitektur  tropis = desain rumah arsitektur nusantara
3. pemanfaatan matrial bekas seperti tegel semen, kusen+daun pintu serta detail aplikasinya

    - salah satu usaha mengurangi limbah sampah berupa botol kecap bakas, yaitu dengan cara pemanfaatan botol bekas kecap untuk    aplikasi pada dinding ekspose beserta kombinasi atap.
4. ada sentuhan kecil aplikasi ornamen jawa
5. pemanfaatan lingkungan sekitar

kesimpulan desain arsitektur lebih mengarah pada desain tropis nusantara indonesia.  
dalam hal penjelasan tentang desain gaya arsitektur nusantara yaitu bahwa rumah-rumah adat tradisional di indonesia merupakan contoh nyata yang tepat bagi bangunan yang paling adaptif di lingkungan tropis lembap,walaupun berbeda gaya,namun mempunyai kesamaan ciri yang membuat bertahan.
ciri bangunan tropis di Indonesia sabagai berikut :
1. ATAP, dengan kemiringan sudut min. 30* dan panjang teritisan mencapai 1m dapat berfungsi untuk melindungi rumah dari sinar       matahari,hujan dan angin secara optimal dan untuk bahan rangka memakai baja ringan dan penutup atap  memakai genteng tanah liat dan tidak silau.
2. DINDING,  untuk meredam dari panasnya sinar matahari perlakuan dinding ada berbagai macam, yaitu dengan finishing cat warna putih, krem, abu-abu serta pemakaian tanaman rambat agar dapat menghadirkan suasana sejuk.
3. LANTAI,  pemakaian lantai dari kayu dan tegel semen dapat menghadirkan suasana ruangan menjadi adem, sejuk dan asri.

seiring dengan berjalannya proses finishing, ada beberapa detail yang berjalan dan penerapan nya langsung di lokasi, sehingga antara desain perencanaan dengan kondisi lokasi tidak sampai 100% sama.


    

 

 

 

Client: ibu suparmi
Location: jl.simpang semanggi timur 26 malang - jawa timur
Project: residential
Date Started: 07 Jul 2014