home cozy and simple ( part 2 )

-

"home cozy and simple"
home cozy and simple atau di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia "rumah yang nyaman dan sederhana", konsep tema ini kami angkat untuk mempresentasikan keberadaan rumah tinggal tersebut.

rumah tinggal ini bisa di katakan rumah kesekian kalinya bagi klien kami yang bernama bapak Agus Winarko yang berlokasi masih di daerah depok, jawa barat.
rumah tinggal ini bisa di katakan rumah tinggal yang tidak harus setiap hari di tempati, melainkan di manfaatkan sebagai semacam rumah singgah bagi keluarga besar beliau waktu berkumpul.

kembali dengan konsep home cozy and simple, bermula dari beberapa interview bersama beliau beserta melihat kondisi eksisting site, konsep home cozy and simple bisa di temui diantaranya :
1. denah, pembagian denah berdasarkan perilaku atau kebiasaan klien dalam memanfaatkanya, sehingga keberadaan ruang sangat terpakai dan tidak sia-sia.

untuk pembagian denahnya ada beberapa point yg dioptimalkan antara lain cross ventilation, sehingga harapannya tidak memakai pengahawaan buatan yaitu AC serta hemat biaya.

Bukaan-bukaan baik pintu dan jendela sengaja di perlebar agar pengahawaan dan pencahayaan alami bisa di dapat, sedangkan faktor debu masih bisa di atasi dengan cara pengolahan lanskap nya yaitu penanaman lidah buaya, spathupilum, sirih gading,lily paris, serta lokasi rumah tinggal yang berada di dalam kawasan perumahan yang jauh dari lalu lintas kendaraan.
2.  tatanan bentuk, mengikuti dari bentuk site yaitu persegi panjang dengan ukuran 10x20m menghadap arah selatan. dengan bentuk memanjang persegi panjang dapat diuntungkan dalam penerapan sirkulasi udara / cross ventilation.  
3.  tampak, konteks lingkungan sekitar sangat berpengaruh dalam pembuatan tampaknya,ada sedikit sentuhan beda dari tetangga kanan-kiri yaitu lebih dominan dengan gaya tropis, pemakaian bentuk atap pelana agar mudah dalam maintenance,memiliki daya serap radiasi panas dari matahasi, juga guyuran dari hujan akan segera dengan mudah mengalir ke bawah untuk selanjutnya dibuang melalui selokan. 
dengan kemiringan atap 50° bisa menciptakan tinggi plafond yang luas sehingga optimalisasi penghawaan alami bisa di terwujud.
untuk mengatasi hawa di dalam ruangan sudah terdapat lubang hawa di atas kusen, sehingga hawa bisa berjalan dengan leluasa, mengingat bukaan pintu-jendela memakai material kusen aluminium dan kaca.
4.  struktur dan konstruksi mengikuti dari bentuk denah dengan memakai modul atau grid yang sudah ditentukan, sehingga estetika dan kekuatannya bisa terwujud sesuai dengan keinginan klien.
5.  reflecting pond sebagai daya tarik tersendiri dan bisa menciptakan suasana yang teduh,sejuk, tenang serta hening diperkuat dengan adanya jalan ramp yang bisa membuat suasana berbeda sewaktu memasuki rumah tinggal ini.
salah satu usaha agar rumah tidak terlalu sumpek atau sesak bisa menambahkan inner court berupa taman di samping dan kolam renang (optional) dapat menciptakan sistem pencahayaan dan penghawaan alami
     

demikian sekelumit penjelasan konsep dari kami, semoga bisa memberi inspirasi dan bermanfaat...aamiin...
        

Client: Bapak Agus Winarko
Location: depok - jawa barat
Project: residential
Date Started: 29 Sep 2016