rumah tinggal di nganjuk

-

"home sweet home"
home sweet home atau biasa di sebut dengan rumahku istanaku bisa juga di terapkan dalam konsep yang kami angkat.
dengan konsep konteks lingkungan yang sederhana kami terapkan pada rumah tinggal tersebut terutama pada bagian fasade nya, agar kawasannya memiliki keseimbangan, keserasian, keselarasan, kenyamanan antara rumah yang satu dengan lingkungan sekitar. 
untuk pembagian denahnya menyesuaikan dengan perilaku dan kebiasaan penghuni nya, dengan pembagian 3 massa yang saling terhubung.

untuk lebih detail di bawah ini kami jelaskan beberapa konsep yang bisa di terapkan, antara lain :
1. lokasi eksisting, mengingat rumah tinggal tersebut menghadap arah utara memiliki beberapa kelebihan yaitu, membuat rumah cukup sehat, karena banyaknya sinar matahari yang masuk terutama di bagian teras, apabila dirasa cukup mengganggu bisa dibantu secondary skin berupa kisi2 vertikal sebagai penghalang masuknya sinar matahari.
eksisting pohon klengkeng berada di depan rumah tidak dipotong, justru di manfaatkan keberadaan nya.  
2. facade/tampak depan, untuk tampilan sesuai dengan konteks lingkungan sehingga di harapkan tidak adanya perbedaan kesenjangan sosial.mengingat berada di iklim tropis,dengan curah hujan,sinar matahari dan temperatur yang cukup maka pemakaian atap menyesuaikan dengan iklim tropis yaitu memakai atap kombinasi antara atap pelana,limasan dan atap dak beton.
3. tatanan bentuk dan denah, form follow function, bisa di terapkan dalam proses pembuatan nya, dengan bentuk lahan yang memanjang,   ada pembagian 3 massa yang saling terhubung.    
dengan lahan yang memanjang di untungkan dalam optimalisasi penghawaan dan pencahayaan alami,sehingga kami manfaatkan di dalam rumah tinggal ini sehingga harapannya tidak memakai pengahawaan buatan yaitu AC serta hemat biaya, di tunjang dengan bukaan pintu-jendela yg cukup lebar beserta adanya innercourt di dalam rumah bisa membuat suasana jadi adem dengan semilir penghawaan alaminya.
untuk pembagian denahnya menyesuaikan dengan perilaku dan kebiasaan penghuni nya.
4. material ekspose, ada beberapa elemen dekoratif yang sengaja untuk di ekspose agar ada nilai estetiknya, salah satunya pemakaian material bata merah ekspose, pemasangan dinding roster ukuran 10x20 dan batu alam paras atau andesit, dimana material2 lokal tersebut sangat mudah di temui.  

demikian sekelumit penjelasan dari kami, semoga bisa bermanfaat. 

 

 

 

 

 

 

 

 

        

Client: Bu NN
Location: nganjuk - jawa timur
Project: residential
Date Started: 16 Mar 2017